Profil

Foto diri

Rachmat Hendayana

Ia, peneliti utama bidang sosial ekonomi pertanian Balai Besar Pengkajian dan Pengembangan Teknologi Pertanian (BBP2TP).

Sebelum berkiprah sebagai peneliti, ia mengawali kariernya sebagai Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) hingga 1988 di Wilayah Jawa Barat dan Provinsi Bengkulu. Mulai menapak karir sebagai peneliti di Pusat Penelitian dan Pengembangan Sosial Ekonomi Pertanian Bogor setelah selesai menyelesaikan pendidikan S2 di UGM pada tahun 1990.  Dalam perjalanan waktu, ia menjadi anggota Tim Asistensi Badan Litbang Pertanian khususnya untuk kawasan Provinsi Irian Jaya (sekarang Papua dan Irian Jaya Barat), kemudian menjabat Ketua Tim Penilai Litkayasa, Ketua Kelti (Kelompok Peneliti) Sosek di BP2TP yang berlanjut sampai di BBP2TP.Mulai 2010, menjadi Ketua Kelompok Pengkaji Kebijakan.

Dalam pengalamannya sepuluh tahun terakhir, ia menjadi konsultan bidang sosial ekonomi dan sosial budaya dalam kegiatan di berbagai institusi pemerintahan antara lain Dep. Sosial, Dep. Perhubungan, Kelautan dan Perikanan, Pekerjaan Umum.  Ia bergabung dengan PT Amurwa International dan  Lembaga Pengabdian Masyarakat (LPM) Equator. Disamping itu juga pernah menjadi dosen luar biasa dalam modul Matematika Bisnis dan Pengembangan SDM pada IPWI Jakarta, IBMA Jakarta.

Kini selain aktif  melakukan penelitian, juga aktif menulis dan menjadi pembina peneliti serta narasumber kegiatan pelatihan di beberapa provinsi. Di institusi tempatnya bekerja, ia menjadi  Anggota Dewan Redaksi Jurnal Ilmiah. Sementara itu dalam pengabdiannya untuk sesama karyawan, ia menjadi Ketua KPRI Agro Kencana.

Diantara karya tulisnya bisa disimak dalam profilnya.

Tidak berhenti disitu, Rachmat juga rajin mengumpulkan dan menyunting naskah untuk bukunya yang akan diterbitkan, terkait dengan Pembangunan Ekonomi Lokal, Percepatan Adopsi, Pengembangan LKM Agribisnis, dan Roadmap Pembangunan Pertanian di Kabupaten Merauke, Papua.

Kini ia tinggal di Perumahan Ciomas Permai Blok D4 No 1 Bogor, bersama  istrinya tercinta Anikah Rachmat dan sibungsu, Muhammad Arief Hendayana yang baru masuk SMP N. Tiga putra putrinya yang lain masing-masing ada di Sukabumi, Bandung dan Bogor. Dua diantaranya yang tinggal di Sukabumi dan Bogor sudah berkeluarga, sementara putrinya nomor 3, Ranika Purnawidya Primasari masih kuliah di Institut Bisnis Telkom, Bandung.

Untuk kontak kepadanya bisa melalui email: erhaye@gmail.com ; erhaye@yahoo.co.id; rhendayana@gmail.com. Atau kontak langsung melalui HP. 08129471848.

Silahkan kunjungi juga blognya di :

http://erhaye.com;

http://diseminasi.wordpress.com;

http://rhendayana.wordpress.com;

http://usahatani.wordpress.com

http://agrokencana.wordpress.com

Salam,

Erhaye

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s