Perjalanan

Semalam di Parigi Moutong

Sekitar dua jam setengah perjalanan dari Palu, ke arah utara. Menikmati perjalanan selama dua jam setengah dengan jalan yang berliku dengan batas pinggir jurang, selain indah sekaligus was-was.

Di bawah lintasan Chatulistiwa

Salah satu keistimewaan Indonesia adalah letak wilayahnya yang berada di lintasan chatulistiwa. Keadaan ini yang menyebabkan suhu udara panas di siang hari. Intensitas panasnya terasa menyengat di atas kepala.

Enaknya Uta Telo

Uta telo adalah istilah untuk sayur daun kelor di Palu Sulawesi Tengah. sayur yang bahan bakunya dari daun kelor itu termasuk makanan khas yang disajikan dengan ikan teri, atu ikan yang kecil-kecil. Kuahnya santan yang kental, dan biasanya disajikan ketika masih panas. Isi sayurnya untuk menemani telo adalah terung yang dipotong-potong. Makan siang dengan uta telo, sangat menyegarkan.

Kaledo

Adalah  singkatan Kaki Lembu Donggala, sejenis makanan yang menyegarkan. biasanya cocok untuk makan malam. di Jawa, mirim sop buntut, bedanya sop kaledo ini berisi tulang-tulang kaki, dan rasa kuahnya ada asam-asam. Disajikan dalam keadaan masih panas.

Ketupat Uta Dada

Serasa hari raya di Jawa, makanan ini termasuk khas Palu. Mesti letak restonya jauh dari kota, tetapi pengunjungnya tetap banyak. Karena lokasinya yang berada di ketinggian, maka makan di resto ini sekaligus bisa menikmati pemandangan yang indah . View yang mengarah kota Palu, sambil menikmati uta dada ayam kampung ini menjadi sangat terkesan.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s