Pattiro Deceng

Membaca namanya terasa unik, jarang ada bacaan seperti itu. Jadi mengundang tanya…apa gerangan Pattiro Deceng itu?

Pattiro Deceng, tiada lain nama sebuah desa di Kecamatan Camba Kabupaten Maros yang letaknya sekitar 2 jam perjalanan dari Ibu Kota Makassar tanpa macet.  Arahnya dari Makasar menuju Kabupaten Bone. Jalan raya yang menghubungkan Makassar – Camba relatif bagus, bahkan indah karena jalannya berliku-liku yang kadang-kadang likuannya tajam. Kita dituntut ekstra hati-hati mengemudikan kendaraan ke arah Camba ini.

Nama desa itu sekarang diabadikan untuk nama gabungan kelompok tani (gapoktan) yang dipimpin Baidarus, seorang pemuda kreatif dan proaktif. Ia terpilih menjadi ketua Gapoktan atas kesepakatan seluruh pengurus kelompok tani yang bernaung dalam Gapoktan Pattiro Deceng. Pemuda alumni magang di Jepang ini memiliki se abreg kegiatan ekonomi produktif. Tidak hanya di bidang budi daya tanaman, akan tetapi juga usaha penggemukan sapi, produksi pupuk organik, bio pestisida, dan lain. Tidak heran jika lokasi tempatnya tinggal ini dijadikan tepat praktek mahasiswa pertanian.

Bahkan di desa tempat ia tinggal ini dibuka juga pusat pelatihan petani swadaya. Kegiatannya memberikan keterampilan bidang usaha pertanian. Ia kini tengah menyelesaikan pembuatan “green house” di sebelah rumahnya. Ketika ditanya dari mana ide pembuatan GH itu? . Ia mengatakan diperoleh ketika magang di Jepang selama 2 tahun. Dengan GH itu cita-citanya akan menjadi produsen bibit tanaman untuk memenuhi permintaan petani di Kecamatan Camba bahkan Kabupaten Maros.

Uniknya Gh buatannya itu bisa dipindahkan, tanpa merubah struktur konstruksinya. Dengan menggunakan tiang dari pipa ledeng (pipa air) tahan karat, dan teknik sambungan karyanya sendiri, teruji tidak roboh meski diterjang angin besar. Untuk Gh yang kuat itu , Ia hanya menawarkan Rp 25 juta  saja untuk Gh ukuran panjang 25 , lebar 6 m dan tinggi  3 m. Sangat murah.

Jika anda punya lahan kosong dan bercita-cita meningkatkan ekonomi lahan tersebut, dengan memasang Gh menjadi suatu pilihan tepat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s