Exit strategy

Istilah itu sering digunakan ketika suatu kegiatan atau proyek mendekati akhir. Exit strategy, dengan demikian bisa diartikan sebagai strategi tindak lanjut. Apa yang harus dilakukan untuk melanjutkan kegiatan atau proyek yang sebentar lagi akan selesai, sehingga diharapkan kegiatan akan memberikan manfaat lebih besar.

Terlepas apakah pengertian itu benar atau salah, yang menarik istilah itu digunakan juga untuk individu. Exit strategy diri. Lalu apa maknanya?

Intinya adalah, ketika kita mengerjakan pekerjaan yang menjadi tugas sebaiknya kita mampu juga menarik manfaat dari kegiatan itu. Saya mengistilahkan kalau tugas institusi itu sebagai tugas birokrat, dan tugas individu saya sebut tugas fungsional. Tugas birokrat tentu harus diselesaikan dengan baik sesuai kaidah-kaidahnya, namun disamping fokus menyelesaikan tugas itu sebaiknya kita juga memikirkan untuk bagaimana caranya menarik manfaat dari penyelesaian tugas itu. Tugas yang dimaksud bukan untuk dilaporkan seperti halnya tugas birokrat. Tugas itu kita kerjakan sebagai bagian dari usaha untuk mendukung eksistensi diri.

Tentu hal ini sesuai dengan  jabatan fungsional kita masing-masing. Kalau peneliti, bisa mengembangkan informasi itu dengan membuat tulisan kritis yang diperkaya dengan referensi yang relevan sehingga dari laporan kegaitan itu bisa dibuat publikasi berupa tulisan ilmiah atau tulisan populer untuk konsumsi birokrat dan masyarakat luas. Bagi penyuluh tentu tinjauan kritisnya diperkaya dari sisi bahasan aspek komunikasi dan diseminasinya. Bagaimana kegiatan itu bisa dimanfaatkan oleh khalayak sehingga bisa memberikan nilai tambah.

Jika kita bisa mengembangkan ke arah itu, maka seorang peneliti akan produktif menulis. Karena untuk sebuah tulisan tidak selalu harus dari hasil penelitian sendiri, tetapi bisa saja dari riview, atau hasil observasi dan sistesis laporan yang ada dan relevan.

Selamat berekspresi

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s