Bagaimanakah Daya Saing Pertanian Kita?

Istilah daya saing  atau kerennya competitiveness pada dasarnya dapat ditinjau dari berbagai perspektif. Daya saing dapat diartikan dalam perspektif keunggulan komparatif (comparative advantage) dan dapat juga diartikan dalam perspektif keunggulan kompetitif (competitive advantage).Menurut Daryanto (2009), konsep keunggulan kompetitif ini bukan meruakan konsep ekonmi semata, tetapi juga merupakan konsep politik atau konsep bisnis yang digunakan sebagai dasar bagi banyak analis strategis untuk meningkatkan kinerja industri. Sementara itu para ekonomo mengartikan keunggulan kompetitif sebagai hasil kombinasi dari adanya distorsi pasar dan keunggulan komparatif.

Daya saing diartikan sebagai kemampuan suatu sektor, industri atau perusahaan untuk bersaing dengan sukses untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan di dalam lingkungan global selama biaya imbangannya lebih rendah dari penerimaan sumberdaya yang digunakan.

Dengan konsep daya saing seperti itu, bagaimanakah daya saing  pertanian kita?

Evaluasi Daryanto (2009) mengemukakan bahwa secara umum status daya saing komoditas pertanian menunjukkan kondisi yang cukup menghawatirkan, terutama komoditas padi (beras), kedelai dan tebu (gula).  Untuk komoditas jagung dan kacang tanah serta peternakan memiliki daya saing yang moderat sementara itu produk hortikultura sayuran dan tembakau memiliki daya saing cukup tinggi.

Apa yang harus kita lakukan untuk meningkatkan daya saing pertanian tersebut?

Dari perspektif mikro, peningkatan daya saing dapat dilakukan melalui peningkatan efisiensi dan produktivitas, mendorong transformasi pertanian serta melalui kebijakan kondusif bagi pengembangan pertanian. Menurut Porter yang dikutip Daryanto (2009) upaya meningkatkan daya saing dapat dilakukan melalui strategi dengan fokus pada lima faktor. Pertama, faktor input. Kedua, kondisi permintaan. Ketiga, relatid and supporting industries. Keempat, firm strategy, structure and rivalry dan Kelima, regional governance.

Sumber: Daryanto,A. 2009. Posisi Daya Saing Pertanian Indonesia dan Upaya Peningkatannya. Seminar Nasional Peningkatan Daya Saing Agribisnis Berorientasi Kesejahteraan Petani. 14 Oktober 2009. PSE-KP.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s