Menjembatani Penelitian dan Kebijakan

Tugas penelitian dan pengkajian secara normatif adalah untuk menghasilkan teknologi adaptif dalam arti sesuai dengan kebutuhan pengguna. Namun dalam praktek melakukan penelitian dan pengkajian itu seringkali hasilnya tidak diadopsi pengguna. Bagaimanakah seharusnya pendekatan penelitian dan pengkajian itu dilakukan agar hasilnya bisa diterima dan diterapkan oleh pengguna?Untuk itulah Tim Inovasi dari BPTP Sultra, Sulsel, NTB, NTT dan BBP2TP berkumpul  di Hotel Harris Kuta Bali melakukan workshop. Kegiatan yang difasilitasi TAKE Specialist (Budi Christiana) selain diikuti Tim Inovasi, juga dihadiri konsultan ACIAR yang inspiratif yaitu Dr. Elske V d Fliert dari UQ Australia.

Dalam kegiatan ACIAR komponen 2, workshop kali ini merupakan ke 6 kalinya. Jika kegiatannya tidak dilanjutkan ke Fase dua, maka workshop ini mungkin menjadi salah satu kegiatan akhir.  Terlepas apakah mau dilanjutkan atau tidak, yang penting dari workshop ini disepakati untuk melakukan internalisasi pendekatan pengkajian model pengembangan ke level yang lebih luas.

Pendekatan tersebut telah terbukti berhasil di uji cobakan oleh TI BPTP, dan melalui pendekatan ini harapan agar hasil penelitian bisa digunakan oleh pengguna bisa tercapai.  Pendekatan ini sejak awal telah mengakomodasi kondisi potensi dan peluang yang ada di tingkat pengguna, sehingga rancangan pengkajian yang dilakukan sepenuhnya didasarkan pada kebutuhan pengguna.

Menarik lagi dalam workshop itu dipraktekkan, bagaimana cara membangun dan menumbuhkan keterlibatan berbagai pihak melalui simulasi “game” yang atraktif.  Tidak pelak lagi pendekatan ini bisa dikembangkan untuk memenuhi harapan ke arah kebijakan.

3 responses to “Menjembatani Penelitian dan Kebijakan

  1. ya memang benar, banyak penelitian yg hanya di tumpuk di rak-rak perpustakaan kampus..
    thanks buat infonya

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s