Menerbitkan buku sendiri, apakah bisa?

Pertanyaan itu senantiasa muncul setiap saya sedang mengerjakan suatu naskah laporan hasil penelitian. Saya ingin laporan itu ditulis dalam format buku. Selain enak di lihat, juga enak dibawa ketimbang laporan yang disajikan secara konvensional dalam format A4. Namun, keinginan untuk menerbitkan buku tersebut selalu terbentur banyak pertimbangan. Sehingga muncul pertanyaan seperti di atas.

Setelah saya membaca MBIG yang ditulis Mas Jonru, barulah saya tahu jawabannya. Mas Jonru menyajikan informasi sangat berharga tentang seluk beluk menerbitkan buku. Sesuai dengan judulnya Menerbitkan Buku Itu Gampang (MBIG), bahasanya juga mudah dicerna dan informatif. Saya tidak hanya mendapatkan pengetahuan standar tentang cara menerbitkan buku, akan tetapi juga mendapatkan info lain tentang segala sesuatu hal yang mendukung agar tulisan kita bisa terbit, termasuk bagaimana cara pengurusan ISBN, dll.

Buku tersebut penting tidak hanya bagi peneliti, tetapi bagi siapapun yang memiliki hoby menulis agar tulisannya bisa diterbitkan. Jika diantara kawan ada yang penasaran, saya anjurkan untuk bergabung dengan penulisnya langsung.

Alamatnya adalah http://www.naskahoke.com/e-mbig/?id=erhaye

Semoga informasi ini bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

