Menyoal Diseminasi Inovasi Pertanian

Diseminasi sebagai bahasa umum dari penyebar luasan informasi inovasi di sektor pertanian, kini ramai lagi dibicarakan di kalangan peneliti dan penyuluh pertanian. Diseminasi menjadi salah satu tugas pokok dan fungsi (tupoksi) Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) sebenarnya bukan barang baru. Kegiatan itu telah dilakukan BPTP sejak kelahirannya pada tahun 1994/1995.

Lalu kenapa kini ramai lagi di bicarakan? Bukankah kegiatan itu sudah berjalan lebih dari 10 tahun lalu, atau tepatnya sudah 13 tahun lalu?.

Tentu bukan tidak ada alasan. Salah satunya adalah terkait dengan terjadinya perubahan lingkungan strategis yang menuntut percepatan adopsi teknologi oleh pengguna. Dan cepat tidaknya suatu teknologi diadopsi oleh pengguna salah satunya tergantung pada kegiatan diseminasi.

Dengan asumsi kualitas teknologi yang dihasilkan BPTP baik dan layak dikembangkan serta dapat mendukung kinerja usahatani, tetapi petani lambat mengadopsi teknologi tersebut, itu artinya ada yang perlu diperbaiki dalam teknik atau pendekatan penyebarluasannya. Dengan kata lain diseminasinya perlu ditinjau ulang.

Perubahan lingkungan strategis yang menonjol dan berpengaruh pada penyebaran teknologi adalah (1) hadirnya UU RI No 16 tentang Sistem Penyuluhan, (2) Otonomi Daerah, (3) Paradigma Badan Litbang Pertanian yang berubah dari Penelitian dan Pengembangan menjadi Penelitian untuk Pengembangan, (4) Munculnya Program Prima Tani, dan (5) hadirnya FEATI serta yang tak kalah pentingnya  Globalisasi Teknologi Informasi (IT).

Kondisi perubahan lingkungan tersebut mendorong perlunya Reorientansi dan Rekonstruksi Diseminasi Inovasi Pertanian.  Kegiatn diseminasi tidak lagi terpaku pada pola konvensional, akan tetapi harus dapat mengakomodasi terjadinya dinamika perkembangan lingkungan tersebut.

Ada komentar?

About these ads

3 responses to “Menyoal Diseminasi Inovasi Pertanian

  1. Assalamu alaikum wr wb. Terima kasih atas tulisan Bapak. Saya sedang mencari tulisan mengenai diseminasi hasil penelitian teknologi pertanian dari perguruan tinggi kepada petani dan pemasalahannya. Saya berterima kasih sekali sekiranya Bapak bisa membantu. Saya betul-betul kesulitan literatur. Wassalam!

    • Sdri Asmawati,
      Terimakasih tanggapannya. Dengan senang hati, Insya Alloh bisa saya bantu, sejauh materi yang saya miliki. Saya pernah menulis tentang diseminasi di Jurnal Pengkajian, dan Prosiding. Beberapa referensi diseminasi juga ada, antara lain panduan diseminasi teknologi pertanian. Silahkan kunjungi http://www.bbp2tp.litbang.deptan.go.id -cari di publikasi. Jika tidak ketemu bisa saya upload di blog ini. Sekali lagi terimakasih.

  2. bapak.. terimakasih tulisannya bagus sekali.. bisa menambah wacana saya dlm bidang diseminasi pertanian. Saya kerja di Balitsa Lembang bidang Jasa Penelitian.. jd sering berkutat dgn bidang diseminasi/adopsi inovasi.. ditunggu tulisan-2 Bpk selanjutnya.. Insya Allah tulisan-2 Bpk saya jadian bahan acuan belajar menulis. wassalam. khory-balitsa lembang

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s